WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Jumat, Juni 26, 2009

A Poor girl of DVD Store in KUTA

Sebuah cerita tentang Penjaga DVD Store yang kurang ajar & tidak sopan! Beberapa hari ini jean senang bolak-balik DVD Store di sepanjang kawasan Kuta. Tapi ada pengalaman yang mengecewakan dari toko DVD langganan jean di salah satu counternya di Kuta. DVD Store ini punya banyak toko di sepanjang kuta dan cukup banyak pelanggannya baik bule-bule juga pembeli domestik, termasuk jean. Sayangnya, pegawainya kali ini tidak memperhatikan etika profesi.

Hari itu Jean dan teman jean kebetulan masing-masing membawa tas yang lumaya besar, berhubung memang kami hari itu traveling keliling denpasar – badung, dari art shop, movie center, coffe shop, sampai supermarket dan salah satunya DVD Store langganan kami ini. Entah pegawai baru atau memang pegawai ini suka kurang ajar, saat itu jean sudah naik ke lantai dua dengan santai sambil menggandeng tas kulit coklat yang berukuran medium. Sedangkan saat itu teman jean masih di tangga menenteng tas yang lumayan besar. Semua pegawai yang ada di lantai satu masih ramah dan menyapa layaknya biasa, bahkan tidak mempermasalahkan tas-tas yang kami bawa. Karena bule-bule juga biasa seperti itu.

Tapi entah kenapa dengan pegawai satu ini. Saat itu jean sedang berada di lantai atas. Sewaktu jean menaiki anak tangga hingga sampai di deretan DVD di lantai dua, pegawai itu sedang berdiri di tangga, mungkin mencek beberapa DVD, beberapa kali berteriak kepada rekan sekerjanya yang ada di lantai bawah, entah rekan-rekannya tuli atau memang ini mba nggak punya sopan santun kalau kerja, sementara ada pelanggan. Tapi jean g mempermasalahkan, anggap aja itu salah satu kebiasaan dia dalam bekerja.

Tapi kemudian ada kejadian yang jean sulit untuk bisa terima. Mba ini seenaknya ngomong tanpa sopan “Bisa kok mba tasnya ditaruh di bawah!” lha jean bingung ini dia ngomong ke siapa. Tapi berhubung jean yang ada di atas sendiri dan teman jean di tangga sedang naik, dan dia berada di antara kami berdua, jadi otomatis bisa disimpulkan dia bicara dengan kami kan. Apa ini mba sedang bercanda? Tapi mukanya sok jutek dan nada bicaranya sok ketus begitu. Jean masih diam dan stay cool. Mungkin ini salah dua kebiasaannya dalam bekerja. Merasa g salah ya jean cuek aja.

Terus teman jean tanya “Ditaruh dimana mba? Tadi mba-mba di bawah g ada suruh titip tas!” intinya begitulah percakapan yang sebenarnya bermaksud ingin cross cek maksud dari perkataan mba ini barusan.

Eeh itu mba lantas nyolot “Taruh aja di bawah tangga”.

Jean yang awalnya cuek bebek sedikit kesal, ini pegawai g bisa pake bahasa yang sopan sama konsumen apa. Lantas jean berbalik turun dan memberikan tas ke teman jean lalu bilang “Tolong kak, titipin ke bawah!” masih dengan nada datar dan terus cuek. Stay cool aja, malas marah-marah.

Temen jean masih bengong karena bingung mau taruh dimana,toh di toko DVD ini dan juga toko DVD di seluruh Kuta bahkan Denpasar, tidak menyediakan tempat penitipan barang. Jean lantas makin sebel liat muka pegawai yang boro-boro ramah, si mba ini bahkan nggak ada senyum-senyumnya sama sekali. “taruh aja kak, dimana kek, terserah. Yang penting DITARUH!” ujar jean lagi karena teman jean ini benar-benar berpikir keras mau ditaruh dimana. Sekeliling semua rak dan bahkan dinding pun ada rak hanya semuanya berisikan DVD. Namanya juga DVD Store. Toh tidak ada pemberitahuan atau tanda untuk menitipkan tas, jaket, atau barang-barang lain seperti di swalayan. Di mal aja yang barang-barangnya jauh lebih mahal g pake titip-titip tas. Lah ini Cuma DVD Store harga satu keping nggak seberapa.

Eh itu mba masih lagi ngomong “Maaf ya mba, tasnya harus dititip.” Jean pikir dia merasa nggak enakan, tapi mimik wajahnya justru seolah-olah nyindir.

Ya jean yang malas cari masalah lantas jawab lagi ,”santai aja mba, toh kami datang kesini bukan buat nyuri, tapi buat BELI DVD! Tenang aja.” Trus jean cuek pilih-pilih DVD di lantai dua dan nggak memperdulikan si mba itu ada dimana atau ngapain. Biarkan dia bekerja dan jean memilih DVD yang jean mau.

Kemudian saat jean turun tangga ke lantai satu dengan teman jean, kebetulan jean habis terima telepon dari sepupu jean di kalimantan. Handphone jean masih pegang di tangan kiri dan berusaha memegang pegangan tangga dengan tangan kanan, berhubung jalanan sempit karena banyak bule-bule berdiri di pinggir jalan tangga beserta mba yang sama. Kebetulan teman jean duluan turun tangga sambil bawa beberapa kaset DVD dan jean mengikuti di belakangnya. Pada saat yang bersamaan dengan jean turun ada cowo bule yang kemudian naik dan menyenggol jean lantas jean terpeleset dan jatuh. Puji Tuhan nggak cidera apa-apa. Padahal melewati beberapa anak tangga sekaligus. Bule-bule yang ada sampe kaget semua dan bertanya “Are you ok?”

“Oh I’m ok. I’m fine” sempat beberapa kali jean jawab pertanyaan mereka. Sampai akhirnya teman jean balik dan membantu jean berdiri dan juga bertanya hal yang sama dan jean jawab yang sama. Jeleknya, mba itu diam aja dan tidak membantu sedikitpun, padahal dia ada tepat di balakang jean. Intinya dia berkesempatan buat memilih untuk menolong jean, bukan Cuma melihat jean yang jatuh dan sedikit shock. Anehnya lagi malah mba ini bilang dengan sombong, “makanya jangan telp di tangga” terus ngomong ke bule-bule di sekitar kami kalau jean lengah terima telpon dan g liat anak tangga. Hey mba, R u think I’m idiot or crazy?? I’m not blind! I can see those stairs clearly! U that have a bad eyes & bad heart!! Don’t u think that u should help me??? I’m ur costumer and costumer must being regarded as speacial!!!!!

Akhirnya jean dengan stay cool cuek aja, lantas jalan ambil tas yang tadi di “titip” di bawah tangga dan menuju tempat pencobaan DVD. Berhubung antri dan lama, teman jean lantas tanya ke pegawainya yang lain, dan sialnya ke mba yang sama lagi datang dan langsung mengambil semua DVD yang teman jean pegang dan mengambil kantung kresek terus memasukkan DVD itu kedalam kresek, seolah-olah biar kami cepat pergi.

Awalnya kami mau tanya bisakah kaset DVD itu dicoba di lantai dua, berhubung lantai satu penuh. Eh mba itu dengan ketus jawab, “G usah dicoba mba, kaset DVDnya bagus kok. Nanti kalau jelek antar aja kesini kami ganti.”

Terus teman jean tanya, kalau mau ganti pake slip pembelian atau gimana, eh lagi-lagi dengan kurang ramah si mba balas, “bawa aja mba kesini, kami punya barcode sendiri yang nggak sama dengan toko lain”

Wehh ini mba sombong kali jawabnya. Nadanya nggak usah pake urat mba kali mba. Akhirnya jean sebel dan nggak memperdulikan pertanyaan teman jean ambil semua DVDnya atau mau dipilih lagi. Akhirnya jean ambil dompet, keluarin duit selembar dengan nilai yang cukup besar dan bilang, “bayar semua aja kak!”

Huhh, emosi banget sama itu mba. Tapi kalau sikapnya ke konsumen-konsumen bule, alamakkkkk ramah banget!!! Ini salah satu ciri-ciri orang dengan mental yang suka dijajah dan penjilat. Masa sama orang sebangsa sikapnya jelek banget, tapi sama bule-bule ya ampun,, ramahhhhhhhhhh banget!! 360 derajat beda!!! Padahal jean bayar sama besarnya dengan bule-bule itu!

Akhirnya jean dan teman jean ke toko DVD satu perusahaan yang berlokasi di depan centro. Sama sih sebenarnya satu toko, Cuma di toko ini pegawai-pegawainya tidak membedakan mau bule mau indonesia, semua dilayani dengan sama. Untunglah kekecewaan jean bisa sedikit terobati dengan pelayanan yang baik dari toko DVD satu ini, yang sama-sama satu perusahaan. Awalnya mau jean aduin ke pegawai DVD Store langganan jean ini tentang sikap dan kelakuan pegawai dari toko yang sama Cuma beda lokasi itu. Tapi ya jean rasa lain kali aja.. berhubung jean udah emosi dan lebih baik diam dan menyembuhkan mood yang jadi buruk gara-gara pegawai DVD store yang g bertika dan g tau sopan santun itu. Semoga lain kali dia berubah seprofesional rekan-rekannya yang lain, kalau nggak, huh, jean malas balik ke toko itu lagi, toh masih banyak DVD Store yang lain yang g kalah bagus dan ramahnya.

Seperti yang teman jean bilang, kalau jean memperpanjang masalah, artinya jean sama bodohnya dengan dia, padahal dia g kuliah g mendapatkan pendidikan seperti yang jean dapatkan. Jadi orang pintar harus bijak dan sabar. Ngapain melawan orang yang pengetahuannya kurang, tau sopan-santun dan keramah-tamahan aja enggak, padahal kerja ketemu banyak orang, bule-bule lagi. Kasihan mba ini, g sadar apa ya, kalau persaingan tinggi, yang bisa diandalkan untuk penarik konsumen adalah pelayanan yang baik. Salah satunya ya ramah, helpful dan juga menyenangkan. Poor you girl, u have nothing from these criteria!!!


NB : Akhirnya hampir semua DVD yg gw beli agak ceket, macet2 gitu, kurang mulus!!!Payah!!! Sayang covernya udah gw kasih sign kalo g udah gw balikin pagi ini ke mba yang sama, biar dia tau pentingnya DVD dicoba sebelum dibeli!!!! Huh!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar