WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Jumat, Juni 26, 2009

Hitam ditengah-tengah putih...

Dulu jean sering bertanya pada diri sendiri. Berpikir mencari jawaban yang tepat hingga sering kali pusing sendiri dan merasa tidak puas. Kenapa harus ada orang jahat di dunia ini? Kenapa bukan semua orang baik saja yang mendiami bumi ini. Kenapa harus ada orang yang menderita dan sakit? Kenapa harus ada dukacita? Kenapa bukan sukacita saja yang dirasakan semua orang?

Kenapa harus ada orang-orang yang berbuat tidak baik dan merugikan orang lain? Kenapa harus ada dosa ? kenapa manusia jatuh ke dalam dosa? sehingga membuat natur manusia itu berdosa dan setiap sikap dan tingkah laku manusia itu destruktif...

Kenapa Tuhan membiarkan ada manusia yang jahat? Bukankah manusia diciptakan untuk tujuan yang baik & menyenangkan hati Allah. Lalu apa Tuhan tidak sakit hati dan sedih saat ciptaanNya berbuat kejahatan dan dosa sementara Ia suci dan kudus?

Jean pernah diceritakan sebuah ilustrasi. Lukisan yang indah bukan hanya lukisan yang terdiri dari satu warna. Coba seumpama lukisan itu putih tanpa ada warna lainnya. apa yang bisa kita lihat? Pasti tidak akan terlihat apapun dari lukisan tersebut. Lukisan pasti terdiri dari beberapa warna dan terdapat gradiasi warna. Dan selalu ada warna yang gelap diantara warna yang terang.

Apa maksudnya? Kalau diperhatikan baik-baik, warna yang gelap memberikan efek “menonjolkan” warna lainnya. warna yang gelap membuat warna lainnya terlihat jelas, sehingga lukisan tersebut jelas dan bisa dilihat.

Demikian juga sisi buruk dan kejahatan dalam kehidupan seumpama warna gelap dalam lukisan. Sisi buruk dalam kehidupan memberikan fokus kepada kebaikan. Kebaikan yang adalah warna putih akan jadi biasa-biasa saja kalau tanpa “efek” yang berlawanan atau berbeda. Kalau semua sama putih, maka tidak ada bedanya dan tidak terlihat. Justru karena ada warna hitam-lah putih menjadi terlihat.

Lalu kenapa kejahatan dibiarkan Tuhan ada? Bukankah Tuhan yang Maha Kuasa punya kekuasaan untuk menghancurkan kejahatan? Lalu kenapa Adam dan Hawa bisa jatuh ke dalam dosa? Padahal mereka adalah manusia yang dekat dengan Allah dan ditugaskan Allah menjaga bumi dan isinya. Karena Tuhan tidak ingin menguasai keinginan manusia ciptaanNya, walaupun Ia mampu kalau Ia mau.

Adam dan Hawa jatuh dalam pencobaan si Jahat karena keinginan mereka sendiri. Karena pilihan mereka sendiri. Jadi Tuhan tidak membuat Adam dan Hawa berdosa, tapi keinginan mereka-lah. Demikian juga jean pribadi, bukan Tuhan yang sengaja membuat jean jatuh ke dalam dosa, tapi keinginan jean sendiri, karena pilihan yang jean ambil.

Kalau semua orang di dunia ini baik, maka kita bukan hidup di dunia namanya, tapi di surga. Hal-hal yang tidak baik itu justru membuat kita semakin menyadari keberadaan dan pentingnya hal-hal baik. Kejahatan itu justru membuat kita membutuhkan keadilan dan kebaikan. Kesengsaraan dan penindasan itu justru membuat kita mengusahakan kesejahteraan dan kebebasan. Kesedihan itu justru membuat kita mencari kebahagiaan.

Jadi, bukan masalah kenapa pada kejahatan itu harus ada yang lebih penting. Tapi bagaimana saat kita bisa melihat sisi jahat, kita lantas mengubah dan melakukan sisi baiknya. Karena itulah gunanya warna gelap berada di tengah-tengah warna terang, untuk memperjelas sehingga mata yang memandangnya semakin peka untuk terus melihat terang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar