WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Jumat, Juni 26, 2009

Kisah tentang Datu Raban

Datu Raban dulu tinggal dan membesarkan kedua putranya di tana Kanarakan - Tangkiling dan tinggal bersama putra keduanya (maaf lupa namanya, jean sering meanggil beliau dgn sebutan Bue Kanarakan :P). Saat beranjak tua dan sering sakit karena usianya yg sudah berumur, Datu Raban mulai renta dan dipindahkan ke tempat anak tertua yaitu Bue Encon (Bue Tewah) di Tewah, Gunung Mas dengan maksud di Tewah tidak hanya anak dan menantunya yg ikut merawat –berhubung di Kanarakan hanya putra dan menantunya yg merawat-, serta juga menemani beliau di masa tuanya ada cucu-cucu beliau –saudara-saudara mamah yg tinggal di Tewah-. Sebelum menuju Tewah, berhubung kondisi beliau yang sakit kurang baik di bawa lewat jalur transportasi sungai kala itu (maklum darat belum tersedia dan hanya ada sungai jg udara), Datu Raban sempat tinggal beberapa bulan bersama keluarga jean di Pahandut, Palangkaraya. Kesempatan inilah yg jean syukuri hingga sekarang. Beliau memberikan teladan besar bagi jean.

Entah apa pekerjaan Datu Raban yg sebenarnya, namun yg pasti beliau bukan seorang pejabat tinggi negara, bukan pegawai negeri jg bukan pengusaha. Beliau sepertinya hanya seorang petani atau nelayan yang mengusahakan alam. Entahlah..., latar belakang pekerjaan beliau kurang jean selidiki dengan dalam, berhubung beda generasi kami begitu jauh dan jean masih belum sempat menelusurinya. Begitu pula halnya dengan latar belakang pendidikan beliau. Namun, terlepas dari beliau pernah mengenyam pendidikan di bangku sekolah atau tidak, Datu Raban adalah orang yg terdidik, yang hidup dalam jati diri seorang DAYAK yg kuat dan bermartabat.

Berperawakan kecil mungil, dengan mata yg masih sehat hingga usia terakhirnya sekitar seratus tahun lebih (menurut pengakuan beliau- karena tidak pernah ditemukan dokumen akta kelahiran beliau-jg menurut perkiraan dimana anak tertua beliau pada masa akhir hidup beliau sudah berumur 70an tahun), rambut yang putih mengkilat hinga ke alis dan bulu tanggan, hanya bulu mata yg terlihat masih hitam, dgn jalan dan cara berdiri yg masih tegap, hanya ingatan beliau yg kurang baik di masa-masa terakhir hidupnya. Namun tak menjadi soal, suatu kewajaran bagi orang yg sudah tua dan renta apabila mengidap penyakit pikun.

Baliau dengan matanya yg indah dan bulat kecil khas dayak sll memandang orang lain dengan ramah. Dulu kala, saat jean masih kecil (SD Sekitar kelas 1-3) datu Raban selalu bilang pada jean pada setiap kesempatan kami duduk berdua, "orang Dayak kalau melihat orang lain harus dengan tatapan ramah, karena itulah orang Dayak, orang yg bersahabat." Hal tsb beliau ungkapkan kala jean dari kecil memang sll cenderung menatap org dengan tatapan tajam dan jutek (maklum karakter kolerik dan melankolis :P)

Pada kesempatan lain Daru Raban jg sering bilang, "Orang Dayak itu Baik, Sopan dan menjujung tinggi keramah-tamahan. Bukan berarti kita ramah lantas lemah, tapi kita orang yg kuat karena itu kita jg ramah dan sopan santun serta menjunjung etika." Hal tsb beliau ungkap saat jean dengan jutek menjawab telp rumah yg masuk dari seorang teman yg sengaja mengerjai jean (maklum masa-masa ABG. hehehehhe :P)

Datu Raban jg sering menceritakan cerita2 rakyat, legenda2 orang Dayak, jg tentang keyakinan yg dipeluknya -berhubung beliau kalau tidak salah bakas ungkup-. Sering jg beliau menyanyikan jean lagu2 karungut maupun lagu2 yg jean tidak pernah bisa mengerti sampai sekarang yg dinyanyikan dalam bhs jepang dgn suaranya yg lirih. Namun beliau adalah Datu yg terdekat dari generasi tertua pihak keluarga ayah mama. Yg jean paling ingat adalah perkataan Datu Raban bahwa orang Dayak adalah pemberani, pantang menyerah, gigih dan selalu saling membantu. Lantas setelah itu beliau meminta jean menyanyikan lagu Isen Mulang.

Datu Raban selalu mengutamakan kebersamaan keluarga. Tidak mau makan kala tidak bersama2 anak cucunya di meja makan (setidaknya itu yg jean sempat ingat selama kebersamaan kami yg cukup tingkat). Makan makanan sederhana dan harus khas makanan lokal. Tidak cocok dengan lidah modern, begitu pengakuan beliau saat jean tanya kenapa tidak suka makanan fried chicken atau chinese food. “Singkah umbut, Juhu Kalakai, Juhu Dawen Jawau, Juhu Dawen Taya tuntang Kandas laok sarai kea je paling mangat nah esu!” Begitu jawaban polos Datu Raban. “Ela dia bingat nenga isut kecap, pasti lawan kuman tatum tuh.” Datu Raban juga memiliki kebiasaan unik, mengecap tambakau jawa. “Mili akangkuh tambaku jawa tuntang karatas ruku nah esu... mangat kea angat kicuk tuh isut...” hingga kalau jean bersama beliau selalu membantu menggulungkan tembakau dalam kertas rokok khusus, dan senyum beliau serta ucapan terima kasih pasti jean terima kemudian.

“Oloh bawi harus harati tuntang barasih.” Pesan beliau kala jean diomeli mamah atau papah karena malas menyapu rumah atau mencuci piring, “Oloh hatue harus harati kea tuntang dia pamikeh.” Beliau jg berkata demikian saat adik jean malas membantu merapikan tempat tidur atau takut turun ke lantai bawah (lantai 1) utk pipis pada malam hari (saat itu rumah jean bertingkat 2. Semua kamar tidur dan dapur di lantai 2 jg sekaligus kolam penampungan air serta teras di kiri dan kanan, sedangkan ruang tamu dan beberapa kamar lainnya jg semua kamar mandi yg tersedia di rumah itu ada di lantai 1- maklum rumah peninggalan belanda yg g jelas, hehehhe-)

Kala jean dan adik jean malas makan, Datu Raban akan bercerita tentang “Kambe Masak Manta” dimana “Kambe” atau hantu akan takut dengan anak-anak yg “masak” atau sudah makan dan perutnya terisi. Sedangkan anak-anak yang “manta” atau perutnya kosong akan diculik hantu. Hal ini pasti membuat jean dan adik jean bersemangat makan. Hehehhe...

Datu Raban jg sering cerita tentang kegiatan beliau masuk hutan mencari kayu bakar utk perapian dan memasak, mengayuh sampan menelusuri sungai dan bertani. Beliau mengatakan kalau “oloh Dayak” adalah orang-orang yang kaya akan hasil alam, namun tidak boleh manja, karena rejeki tidak akan datang kalau tidak diusahakan. “Hattala manenga tuntang manyadia, itah hindai je manggau. En tau bari jadi sadia into tudung, dia bara behas? Bara kueh behas amun dia kana gawi tana te tuntang ma’imbul’ah helu?”

Beliau jg rajin ke gereja, rajin menonton berita dari pada acara-acara yang menurut beliau hanya membuang waktu dan tenaga, seperti mengkritik beberapa keluarga jean yg hobi begadang nonton bola, “Kuangkuh nah mameh oloh are je hadari manyasah ije bola kilau kau. Mampauyuh arep’ah ih.. sama ih kilau je manuntun’ah kau, sampai handak dia batiruh jadi kagantung alem kutuh nyamah hanjewu kareh, te bagawi kare ka sakula mangantuk tuntang daras malalap.”

Pesan beliau terakhir yg sempat jean dapat sebelum kemudian jean berpisah utk selamanya dengan beliau saat jean masih duduk di bangku sekolah dasar sekitar Februari 2000. “Oloh Dayak te jatun utus`ah bakulas. Uras taliau tatum bihin harati, tambim, buem urah kea harati. Kalute kea ketun je masih tabela harus harati.”

Kini sudah 7 tahun Datu Raban berpulang ke Rumah Bapa di Sorga. Beliau boleh sudah tidak ada, tapi pesan-pesan beliau masih akan terus ada, sepanjang anak cucunya meneruskan teladan beliau. Terima kasih Tuhan atas keberadaan almarhum Datu Raban walau kebersamaan jean hanya singkat dan beberapa tahun saja. Terima kasih Tuhan mengizinkan jean meneladani dan belajar dari teladan beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar