WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Selasa, Agustus 05, 2008

Yang Perlu Diperhatikan Kalau berlibur ke Bali

Apabila mengunjungi Bali pada bulan Agustus hingga September, nggak akan menyesal karena saat ini bersamaan dengan musim liburan warga Australia dan Eropa, sehingga menjadikan Bali sebagai tempat pertemuan yang tepat untuk semua turis bersenang-senang. Tapi sebelum sampai di Bali dan menikmati liburan, apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut Tips dari Jeadist, semoga bermanfaat...

Menetapkan Tujuan Liburan

Tetapkan tujuan berlibur. Apakah kamu berlibur untuk bersantai saja, apakah juga untuk wisata alam, wisata belanja, wisata spiritual, wisata ekologi, wisata budaya atau kombinasi semuanya.

Cari informasi

Mencari informasi mengenai semua kebutuhan sebelum berangkat. Ada baiknya hal ini dilakukan jauh2 hari sebelumnya, seperti tempat-tempat wisata yang mungkin kamu ingin kunjungi, kondisi Bali saat ini, cuaca, biaya hidup dan kebudayaan masyarakatnya serta dokument2 yang berhubungan perjalan yang kamu butuhkan seperti SIM, KTP, dll.

Tiket dan Akomodasi

Memesan tiket dan akomodasi jauh2 hari juga penting karena semenjak bulan Juli sampai akhir tahun merupakan high season dimana harga2 tiket dan akomodasi di Bali meninggi. Ini disebabkan karena arus kedatangan wisatawan ke Bali sedang padat2nya. Kalau terpaksa memesan tiket mendekati bulan2 ini, terpaksa kamu harus merogoh kantong lebih dalam. Untuk akomodasi segala jenis hotel, villa, resort, beach resort, boutique hotel, dan sebagainya dapat dengan mudahnya kamu temukan di berbagai penjuru Bali. Saat tiba di bandara pun kamu bisa memesan langsung pada outlet yang menyediakan tourist information, tapi ada baiknya memesannya sebelum kamu tiba di Bali untuk menghindari kamar full booking alias penuh.

Transportasi di Bali

Setibanya di Bali usahakan berpergian dengan sepeda motor. Karena itu Jeadist dan teman2 menjuluki Bali sebagai pulau jutaan motor. Apalagi bulan Agustus Bali pasti akan ramai dan padat sekali. Karena itu motor adalah kendaraan yang paling ideal, khususnya jika kamu hanya akan berkutat di kawasan Kuta, Seminyak, dan sekitarnya. Tapi kalau pergi ke tempat2 wisata jauh seperti Tanah Lot yang ada di Kabupaten Tabanan, kalau susah menggunakan motor, kamu bisa menggunakan mobil, karena jaraknya lumayan jauh. Untuk pergi kamu bisa mencari map atau peta di counter2 tourist information di sepanjang kuta, legian bahkan sanur. Kamu juga bisa mengikuti papan penunjuk arah dan bertanya dengan masyarakat setempat, jangan takut kesasar, asal bensin selalu full, hehehe... hanya kalau untuk bertanya dengan masyarakat setempat (lokal) kamu harus menguasai arah mata angin, karena penduduk lokal tidak menggunakan kanan atau kiri tapi utara, timur, selatan, barat. Makanya kalau bertanya dengan masyarakat lokal harus sabar.

Harga sewa untuk motor mulai sekitar Rp.40.000/hari sampai Rp.60.000/hari, tergantung negosiasi kamu sama penyedia bike rent. Tempat-tempat penyewaan dapat dengan mudah kamu temukan di kawasan Legian, Kuta, dan Seminyak. Tapi jika kamu datang dalam rombongan yang cukup besar, tidak ada salahnya menyewa mobil, walau harus sabar menghadapi macet yang luar biasa. Harga sewa untuk mobil yang paling murah mulai dengan harga sekitar Rp.80.000/hari sampai Rp.350.000/hari tergantung fasilitas dan negosiasi kamu. Tempat jasa penyewaan car rent juga banyak kok, kamu bisa tanya di hotel tempat kamu menginap atau dari majalah2 gratis/free magazine yang tersebar di kawasan wisata, bandara, minimarket 24 jam, dll. Kalau malas kamu bisa pergi menggunakan mobil taxi atau motor taxi, menghubunginya bisa minta nomor telpon pada penginapan tempat kamu menginap. Untuk mobil taxi, di jalan2 kawasan wisata pun banyak, dengan harga sesuai jauh dekat yang kamu tuju mulai Rp.5.000. Kalau motor taxi, terakhir setahu Jeadist, jauh dekat dalam wilayah kotamadya Denpasar sampai kabupaten Badung (dimana Kuta, Nusa Dua, Legian dan Seminyak berada) rp.10.000/sekali jalan.

Makanan

Untuk Makanan, di Bali tersedia banyak restoran yang menyediakan ragam makanan mulai dari hidangan khas lokal yang eksotik hingga hidangan Western yang menggugah selera. Mulai dari resto yang casual hingga resto fine dining yang paling anggun sekalipun. Mulai dari harga anak kost yang kaki lima sampai selera bos ada. Di Bali juga banyak tersedia minimarket 24 jam seperti Circle K, MiniMart sampai W&W dan Hemat minimart, juga tersedia restoran fastfoor 24 hours seperti Mc.Dee. bisa delivery service juga lho....

Nggau usah bawa uang cash banyak2

Ini yang penting, karena rawan dan ribet, mendingan kamu pakai ATM atau Credit Card. Untuk mal2 bisa kok bayar dengan Credit Card atau ATM yang bisa debit seperti Mandiri, BRI, BNI, BCA, dll. Atm juga terdapat di banyak tempat. Di depan Discovery Mall, Centro, Kuta ada ATM Center juga. Jadi, kalau mau ambil uang juga mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar