WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Selasa, Agustus 05, 2008

Daftar Warisan Dunia Tambah 8 Kawasan

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan delapan daerah baru yang masuk dalam daftar situs warisan dunia (world heritage list). Kedelapan situs itu dinilai sangat berarti bagi kemanusiaan, tapi dibutuhkan proteksi yang kuat agar tetap bertahan. Apa aja sih yang masuk ke dalam daftar 8 situs terbaru itu???

Daftar 8 situs baru dalam Daftar Warisan Dunia:

1. Lembah Fosil Joggins (Kanada). Lembah Fosil Joggins di Kanada setara dengan Galapagos. Di tempat ini dapat mempelajari kehidupan pada zaman purba sekitar 300 juta tahun lalu, dan ditemukan banyak sekali fosil reptil dari umur yang tertua.


2. Taman Nasional Gunung Sangingshan (China). Taman Nasional Gunung Sangingshan (China) terpilih karena kecantikannya. Di sana terdapat batu-batuan granit yang berrdiri tegak dan dapat dinikmati keindahannya sepanjang mata memandang.


3. Laguna Kaledonia Baru (Perancis). Laguna ini terpilih karena kaya akan ekosistem karang. Keragamannya bisa dibandingkan dengan gugusan karang Great Barrier Reef di Australia.


4. Surtsey (Islandia). Pulau Surtsey di Islandia Selatan merupakan pulau yang terbentuk saat terjadi letusan gunung berapi pada tahun 1963-1967. Kehidupan yang terbentuk di pulau tersebut sangat kaya dan unik dengan beragam spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan.


5. Saryarka (Kazakhstan). Stepa atau padang semak yang masih asli di Saryarka, Kazakhstan, juga termasuk dalam warisan dunia. Di wilayah tersebut terdapat danau yang menyediakan sumber air bagi 16 juta burung migrasi dan ratusan ribu burung air. Sarayarka juga habitat antelop saiga (Saiga tatanica) yang sudah terancam punah.


6. Biosfer Kupu-kupu Raja (Meksiko)
. Lokasi ini tak kalah menariknya karena merupakan Biosfer Kupu-kupu Raja Mariposa monarca. Kawasan tersebut merupakan habitat kupu-kupu raja saat melakukan migrasi pada musim dingin.


7. Arena Tektonik Sardona (Swis). Area tektonik Sardona ini terpilih karena nilai geologisnya. Di kawasan tersebut terdapat Glarus Overthrust, lapisan-lapisan batuan dari zaman ke zaman yang menggambarkan proses pembentukan gunung berapi.


8. Kepulauan Socotra (Yaman). Kepulauan Socotra yang terletak di Yaman dikenal sebagai Galapagos di Samudra India. Di kawasan tersebut terdapat 825 spesies tumbuh-tumbuhan dengan 37 persennya hanya ditemukan di sana. Sekitar 90 persen reptil juga endemik kawasan tersebut. Kehidupan lautnya juga beragam dengan 253 jenis karang, 730 jenis ikan karang, dan 300 jenis kepiting, lobster, dan udang. Socotra saat ini sudah menjadi kawasan dilindungi.

Dengan tambahan 8 tempat, daftar warisan dunia kini menjadi 878 lokasi, terdiri dari 679 situs budaya, 174 situs alam, dan 25 situs campuran keduanya. (Seperti dilansir dalam Yahoo.com dan Kompas.com, Juli 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar