WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Selasa, Agustus 05, 2008

Bahaya soft drink bagi kesehatan.

Hmmm, kalau membicakan tentang life style atau gaya hidup, sebenarnya bukan gaya saja yang harus kita perhatikan. Tentunya kesehatan dari life itu sendiri. Kalau nggak sehat mana bisa gaya. Untuk alasan kesehatan pula yang terkait dengan life style Jeadist bagiin informasi ini.

Seringkali apa yang kita makan dan minum itu bisa jadi prestige bagi kita. Prestige? Lihat aja, kita cenderung meninggalkan air putih dan menggantinya dengan minuman berwarna seperti soft drink kalau lagi nongkrong dengan teman2, karena kita malu, masa minum air putih, apa nggak bisa di rumah aja minumnya??? Itu salah satu prestige (aktualisasi diri). Contoh lain, kalau di fast food atau resto kebanyakan menyediakan soft drink karena soft drink merupakan style of life. Padahal sebenarnya soft drink tidak baik untuk kesehatan.... kok???


Ada 10 alasan untuk kita tidak meminum soft drink.

1. Soft drink yang kita minum sebenarnya justru menguras air dalam tubuh kita bukannya menambah kadar air. Justru sebenarnya soft drink malah menghabiskan pasokan air dalam tubuh kita. Wah, bahaya kalau kandungan air dalam tubuh kita habis, kita bisa mati dehidrasi karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air.

2. Gula yang diproses dalam tubuh kita saat kita minum soft drink merupakan proses tingkat tinggi sehingga memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita untuk bisa memprosesnya. Jadi selain menguras air di tubuh kita, soft drink juga menggunakannya untuk memproses gula yang kadarnya tinggi. Wah, biasa kena diabetes tuhhh..

3. Soft drink tidak pernah menghilangkan haus, itu sebabnya kenapa kalau kita haus lalu minum soft drink masih bisa haus dan kurang lega. Karena soft drink bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh kita untuk beraktifitas. Dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus menerus akan menyebabkan Dehidrasi Seluler Kronis. Sebuah kondisi yang melemahkan tubuh pada tingkat sel. Pada gilirannya nanti akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh kita dan menimbulkan berbagai penyakit. Wahhh.... malah memasukan penyakit ke dalam tubuh kita.

4. Kandungan fosfat yang tinggi dalam soft drink dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Soft drinks terbuat dari air murni yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Jadi kalau kita makan makanan sesehat apapun tapi minumnya soft drink, sama aja bohong, lah mineralnya dihancurkan oleh minuman yang kita minum. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral. Terus kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan Penyakit Jantung (kekurangan magnesium), Osteoporosis (kekurangan kalsium) dan banyak lagi.

5. Tau nggak kalau soft drink dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda logam lainnya. Ini sering diteliti oleh ahli-ahli kesehatan di luar negeri. Terakhir penelitian coca cola dicampur mentos malah meledak (saya dapat emailnya dari seorang teman yang sedang mengambil S2 dokternya di amerika). Bayangkan apa yang akan terjadipada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.

6. Jumlah gula yang tinggi dalam soft drink menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”. Kelebihan dan kekurangan gula dan insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidak seimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup. Beberapa bulan yang lalu ada berita dari pulau sumatera bahwa ada seorang anak yang meninggal karena kecanduan mengkonsumsi soft drink. Penyebab kematiannya karena ternyata anak tersebut menderita gangguan pencernaan dan kanker pankreas stadium awal. Menurut dokter ahli hal ini disebabkan karena keteraturan anak tersebut meminum soft drink. (sempat disiarkan di tv jg).

7. Soft drink sangat mempengaruhi pencernaan karena kafein dan jumlah gula yang tinggi yang terkandung di dalamnya dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya tubuh tidak menyerap gizi sama sekali dari makanan yang baru dimakan, bahkan yang sudah dimakan beberapa jam sebelumnya. Bila dimakan bersamaan dengan kentang goreng, maka makanan tersebut akan memakan waktu berminggu-minggu untuk dicerna. Ini rahasia perusahaan sebenarnya hampir semua soft drink yang beredar di indonesia apalagi produksi luar negeri telah sering kali menerima keluhan dari konsumennya,bahkan 80% diantaranya mengeluhkan mengenai zat aditif pada makanan, yang membuat konsumennya jadi kecanduan. Coba banyangkan, kalau proses pencernaan kita berhenti, makanan dan minuman terus masuk... wah,,, menyusul anak dari cerita di no.6 tadi...

8. Soft drink bersifat sangat asam, sehingga dapat menembus garis sambung pada kaleng aluminium dan dapat melumerkan kaleng tersebut bila disimpan terlalu lama. Hal ini menyebabkan dalam minuman soft drink yang dikemas dalam kaleng alumunium tercampur dengan zat alumunium dari kaleng yang terlumerkan oleh sifat soft drink tadi. Ada sebuah penelitian pada pasien penderita alzheimer yang telah diotopsi dan positif pada semua pasien ditemukan memiliki kadar aluminium yang sangat tinggi dalam otaknya. Alumunium merupakan jenis logam. Logam berat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya.

9. Soft drink bersifat sangat asam. Tubuh manusia secara alamiah memliki pH 7,0 dan soft drink memiliki pH 2,5, ini artinya kalau kita meminum soft drink sama dengan memasukkan sesuatu yang ratusan ribu kali lebih asam ke dalam tubuh kita. Dan bahayanya penyakit berkembang dalam lingkungan asam. Soft drink dan makanan asam lainnya mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan disekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau radang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang semakin rendah pH tubuhnya.

10. Soft drink membuat tubuh kita rentan terkena penyakit. Jangan pernah berfikir untuk meneguk soft drink ketika kita demam, flu atau lainnya. Soft drink hanya akan tambah mempersulit tubuh melawan penyakit tsb.

Jadi bagaimana untuk mengatasinya? Usahakan untuk menghindari minum soft drink. Kalau pun harus minum, kita harus cepat-cepat minum air putih/air mineral untuk mengganti air ini. Satu gelas soft drink kita harus minum 8-12 gelas air putih/mineral.

(Berbgai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar