WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Minggu, Agustus 10, 2008

Mari Berwisata di Negeri Sendiri!!!!

Wah, pengen banget berkeliling dunia, mengunjungi tempat-tempat wisata di negera lain. Pengen juga belajar tentang budaya dan adat istiadat mereka.

Hmmm, tunggu dulu, pergi ke luar negeri untuk berwisata boleh-boleh saja, tapi kenapa tidak lebih memilih berwisata di dalam negeri sendiri??!!! Kan Indonesia punya banyak pulau2 besar, pulau2 kecil juga, bahkan totalnya aja 17.000-an lebih.

Ngapain pergi di dalam negeri sendiri??? Kalau prinsip Jeadist, sebelum berkeliling dunia, Jeadist sudah harus mengelilingin Indonesia dulu. Kok bisa begitu??? Ya itu namanya mencintai negeri sendiri. Malu kan kalau pergi di luar negeri, kemudian orang di sana bertanya, “Jeadist dari mana?” lalu Jeadist jawab dari Indonesia, kemudian ditanya lagi ttg daerah wisata lain di Indonesia, Jeadist nggak tau...

Memangnya orang luar negeri perduli? Ya iya, lah... Orang luar negeri itu sebagian besar ramah dengan wisatawan dari luar dan cenderung mereka menanyakan kepada wisatawan luar mengenai daerah2 di tempat asal wisatawan. Ya jawab aja sembarangan, susah amat nih Jeadist.... Eitts, jangan salah, kebanyakan wisatawan luar juga tahu ttg tempat2 indah di Indonesia, bahkan mereka lebih tau dibandingkan orang Indonesia sendiri karena sebagian besar orang luar negeri sudah pernah menginjakkan kakinya di tanah Indonesia. (Hasil survei kecil Jeadist terhadap beberapa wisman).

Hal serupa juga diimbau oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik. Pak Menteri ini mengimbau masyarakat Indonesia untuk lebih banyak melakukan perjalanan wisata didalam negeri ketimbang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Kenapa??? Karena hal itu akan memberikan manfaat ekonomi yang tinggi pada masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Kok bisa? Bisa lah, karena pengeluaran wisatawan nusantara juga dapat membantu menggerakkan ekonomi rakyat negeri ini. Menurut sebuah artikel, pengeluaran wisatawan nusantara sangat besar sehingga sangat membantu pelaku bisnis pariwisata maupun masyarakat daerah dalam hal pemasukan. Pemerintah memperkirakan pengeluaran wisatawan nusantara tahun ini mencapai Rp79,8 triliun, dengan memperhitungkan jumlah wisatawan nusantara tahun ini sebanyak 116 juta orang dengan jumlah kunjungan ke tempat-tempat wisata domestik sebanyak 216 juta kunjungan. Pengeluaran wisatawan nusantara ini dibelanjakan untuk akomodasi, transportasi, serta cinderamata. Contohnya saja saat kita membeli souvenir di tempat wisata di Palangkaraya, siapa yang dapat kontribusinya? Ya masyarakat Palangkaraya yang berjualan souvenir itu kan.

Masa kita lebih berkontribusi kepada negeri orang lain sementara untuk negeri sendiri kita tidak mau. Lagi pula tempat-tempat wisata di Indonesia jauh lebih indah dan harganya jauh lebih murah dibanding di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Hmmm, kalau kamu memang cinta negeri sendiri dan mau keadaan ekonomi negeri ini pulih, kamu bisa membantu dengan berwisata di dalam negeri. Kontribusi yang kecil memang, karena tidak bisa sepenuhnya memperbaiki kondisi ekonomi negeri, tapi setidaknya kamu sudah membantu masyarakat sebangsa dan setanah air di daerah yang kamu kunjungi.

Jangan salah lho, pariwisata itu Industri Jasa atau bahasa kerennya Hospitality Industry yang menyumbang penghasilan besar buat negera2 di dunia.

Jadi, cintai negeri sendiri!!! Cintai karya anak bangsa!!! Dan mari kita berwisata di negeri sendiri dulu sebelum pergi ke negeri orang lain!!!!

(Diinspirasi dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar