WELCOME TO MY BLOG

Welcome to my Blog。◕‿‿◕。!!
Thank you for visiting.
Please leave some comments in every page you read.
Also, please noted that this is originally my works and I have rights of these all. So for re-post or re-use, confirm 1st to me.
Thank you & GOD BLESS US ^^

Rabu, Desember 17, 2008

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Duhhh, pasti sebal sama jerawat yang muncul di bagian wajah. Selain mengurangi penampilan juga rasa gatal dan merah serta iritasi yang terkadang perih itu juga membuat kita tak betah hingga kita sering kali menggaruk dan mengorek2nya. Duhhh, stop!!! Bukannya mengobati malah makin memperparah jerawat di wajah kamu.

Tapi sebelum kita melangkah untuk membicarakan bagaimana cara mengobati dan mencegah datangnya jerawat, kita harus tau dulu apa penyebab jerawat.

Kenapa jerawat bisa tumbuh di wajah kita???
1. Faktor Hormonal
Biasanya, jerawat bermunculan pada masa sebelum haid bagi perempuan atau masa pubertas. Makanya nggak heran kalau remaja yang lagi masa2 puber mulai didatangi jerawat.
2. Pola Makan yang Salah
Selain nomor 1, jerawat datang karena pola makan kita yang salah. Misalnya, kita suka makan makanan pedas, kacang, cokelat, dan makanan berlemak lainnya. kalau kulit normal memang tidak terlalu bermasalah, tapi kalau kulit berminyak, sensitif dan kering, hati2, jerawat nggak akan menolak untuk datang.
3. Infeksi
Ini karena kebiasaan menggaruk, memencet dan mengkorek2 komedo atau jerawat itu sendiri. Tangan kita yang nggak bersih yang digunakan untuk memencet-mencet komedo bisa menyebabkan infeksi pada kulit dan menimbulkan jerawat. Sedangkan saat kita mengutak-atik jerawat, air dari pecahan jerawat bercampur debu dan kuman tambah membuatnya beranak-pinak.
4. Keturunan
Hmmm, ini faktor dari sono-nya alias keturunan. Menurut hasil riset mereka yang berjerawat, 70 persen juga memiliki orangtua yang berjerawat.
5. Kondisi Tidak Bersih
Kalau kita membiarkan kulit wajah terlalu lama berada di bawah sinar matahari dengan kondisi udara berpolusi dan lembab, itu sama aja kita mengundang jerawat untuk datang.

CARA MENCEGAH
1. Jaga kebersihan wajah
Kita yang termasuk memiliki kulit berminyak memang lebih cenderung cepat berjerawat. Makanya pilih pembersih wajah yang sesuai yang umumnya mengandung alkohol. Tapi, kalau kulit wajah kita tergolong normal atau sensitif disarankan memilih pembersih wajah yang tidak mengandung alcohol, karena bisa membuatnya kering. Ingat juga untuk sering2 cuci muka apalagi dari udara yang berdebu dan kosmetik. Bersihkan wajah dua kali sehari terlebih sebelum tidur agar jangan ada sisa-sisa sebu yang bisa menyumbat pori-pori kulit.
2. Perawatan Wajah
Perawatan wajah bisa menggunakan kosmetik. Tapi pilihlah kosmetik yang mudah larut dalam air dan hindari kosmetik yang mengandung minyak. Salah satu alternatif perawatan wajah adalah masker wajah. Tapi kamu harus berhati2 memilih masker yang tepat. Pilih masker wajah yang khusus untuk mengangkat kotoran wajah secara mendalam, atau biasanya bertitel purifying mask. Masker seperti ini efektif untuk mengangkat kotoran serta minyak di wajah. Bisa juga memilih masker wajah yang mengandung bahan aktif pembasmi jerawat alias medicated mask. Selain itu kamu bisa menggunakan obat jerawat yang ada jaminan kesehatannya dan tidak menimbulkan ketergantungan serta berbahan sehat. Kalau perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit.
3. Konsumsi vitamin
Ini yang tidak kalau pentingnya, yaitu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A (agar kulit tidak berisisik, banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah), vitamin C (antioksidan, banyak terdapat pada tomat, pepaya, jambu, belimbing), dan vitamin E (mencegah gangguan regenerasi pada kulit, banyak terdapat pada sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian).
4. Hindari merokok.
Rokok mengandung bahan yang kalau kamu hisap atau asapnya sekalipun tidak baik bagi kesehatan kulit terutama wajahmu.
5. Istirahat yang cukup.
6. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
Hindari makan makanan pedas, kacang2an, coklat serta makanan berlemak. Makan buah untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk membersihkan ginjal dan hati serta mengeluarkan racun dari dalam, sehingga kulit menjadi sehat, bersih dan cerah.
7. Hindari stres
Stress dapat membuat kita mengkonsumsi makanan sembarangan dan pola hidup jadi tidak sehat.
8. Olahragalah secara teratur

Selamat mengobati dan mencegah Jerawat ya....

(see also: http://www.palangka-raya.net/viewtopic.php?f=106&t=281)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar